Agen Poker Online - Latihan Militer AS-Finlandia Picu Ketegangan dengan Rusia

Agen Poker Online - Pihak Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Finlandia, mengumumkan akan melakukan latihan militer bersama angkatan udara Amerika Serikat (AS) di Rissala pada Mei 2016.

Pesawat Tempur F-15C Eagle AS. (Foto: Wikipedia)
Latihan Militer AS-Finlandia Picu Ketegangan dengan Rusia - SogoPoker

Ini merupakan latihan udara pertama antarnegara beda benua menggunakan pesawat tempur segala cuaca, F-15C Eagle pabrikan McDonnell Douglas.

Latihan militer gabungan tersebut diadakan terkait peningkatan aktivitas militer yang tengah dilakukan tetangganya, Rusia. Sekaligus menunjukkan kedekatan antara Negeri Paman Sam dan Negara Skandinavia tersebut.

“Kerja sama dengan AS memang sudah lama terjalin. Hubungan kedua negara cukup dekat dan kerja sama ini dipastikan akan terus berlanjut semakin erat,” kata pejabat Kemenhan Finlandia, Mika Varvikko, seperti diwartakan Russia Today, Rabu (10/2/2016).

AS dikabarkan akan mengirim enam sampai delapan jet tempur taktis tak bersenjata tersebut untuk bergabung di bawah arahan Komando Udara Karelian milik Finlandia. Latihan militer gabungan dengan Oregon Air National Guard AS itu rencananya berlangsung selama dua minggu.

Sebelumnya, Oregon Air National Guard AS pernah dilibatkan dalam perang di Irak dan Afghanistan. “Kegiatan militer ini skalanya kecil, mungkin hanya 70-100 tentara AS yang didatangkan kemari pada Mei,” tambah dia.

Finlandia selama ini dikenal sebagai negara netral. Namun, latihan militer kali ini mensinyalir bahwa Negeri Seribu Danau membuka kesempatan untuk bergabung menjadi anggota NATO di masa depan. Gagasan yang tentunya jika jadi dilaksanakan, akan memicu ketegangan tersendiri dengan Beruang Merah.

Padahal selama ini keduanya menjadi rekan baik dalam bidang perdagangan, distribusi makanan serta sektor energi nuklir.

Posted by : 

0 comments:

Post a Comment